Bicara tentang halaman Web, kita tidak mungkin lepas dari HTML (Hypertext Markup Language).Karena telah cukup banyak buku yang membahas HTML, di sini kita tidak akan membahasnya secara panjang lebar lagi. 

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa pemrograman utama yang harus dipahami dalam pembuatan web. HTML merupakan  teks yang diberi ekstensi .html maupun .htm. Format HTML sendiri terdiri atas tag-tag  seperti berikut :
<html>
    <head>     
     <title>kembalikeleptop web</title>   
    </head>   
    <body>     
       Contoh halaman web dengan html   
    </Body>
 </html>

Bentuk penulisan <...> disebut tag. Tag dalam HTML terdiri atas tag pembuka dan tag penutup, walaupun ada beberapa tag yang tidak memilik tag penutup. Pada contoh program diatas, contoh tag pembuka adalah <html>, <head>, sedangkan tag penutupnya masing masing adalah </html>, dan </head>. Ada beberapa tag yang umumnya harus ada pada file html, yaitu : <html> dan </html> merupakan tag pengenal bahwa file tersebut adalah file .html <head> dan </head> merupakan tag yang menyertakan bagian head dari file .html. Isi bagian head ini adalah title atau bisa juga clientside script <body> dan </body> merupakan tag yang
menyatakan bagian dari body dari html.Di antara tag ini sintaks-sintaks html yang lain diletakkan.





CSS (Cascading Style Sheets) digunakan dalam kode html untuk menciptakan suatu kumpulan style yang terkadang dapat digunakan untuk memperluas kemampuan html. Sebagai contoh, kode html murni tidak memungkinkan untuk menggunakan sebuah definisi font yangditerapkan pada setiap sela dan bahkan tag <BASEFONT> pun tak berpengaruh pada sel-sel tabel. Misalnya diinginkan untuk mengatur ukuran font pada setiap sel sebesar 2. Denganmenggunakan <FONT>, semua sel harus diformat dengan menggunakan <FONT SIZE=2> tentu saja tindakan seperti ini tidak praktis. Namun, dengan menggunakan CSS, Anda hanya perlu mendefinisikan style sekali saja dan style akan berlaku untuk setiap sel dalam tabel.

Apa yang diutarakan di atas hanyalah merupakan gambaran sekilas dengan CSS. Masih banyak keuntungan lain yang akan terasa jika anda telah yang diberi ekstensi .html maupun .htm mempraktekkannya.

0 comments: