Bagi sebagian orang tentunya sakit kepala merupakan sesuatu yang sangat mengganggu aktifitas keseharian kita. Nah berikut ini merupakan tips yang Insya Allah dapat membantu mencegah sakit kepala bagi mereka yang deman sakit kepala atau tidak mau terkena sakit kepala. Karena judulnya aja 101 Tips untuk mencegah sakit kepala maka 101 tipsnya tidak dapat saya posting semuanya sekalian. Bisa jadi panjang banget kayak buku.

Sebelum itu sebaiknya mengenal dulu deh yang namanya Migrain, Sinus, dan Tensi atau tekanan darah.

Migrain
Merupakan sakit kepala yang rasanya kepala itu mau pecah. Migrain disebabkan terutama karena gangguan pada pembuluh darah. Migrain sangat mudah terjadi pada siapa saja baik itu anak-anak atau remaja dan kebanyakan terjadi pada orang dewasa paruh baya. Berita baiknya yaitu migrain biasanya berhenti sendiri ketika seseorang menjadi lebih tua seiring bertambahnya umur. Migrain sendiri dapat hilang ketika tidur beberapa jam. Hal yang terburuknyaadalah apakah migrain dapat datang kembali sewaktu-waktu. Akan tetapi dengan tips berikut migrain akan dapat dicegah.

Stres merupaka faktor utama yang dapat berkontribusi untuk menyebabkan migrain.Selain itu marah jaga dapat memicu migrain. Faktor lain yaitu kelelahan fisik dan mental akibat terlalu memaksakan diri terhadap sesuatu kegiatan. Oleh karena itu ketika badan sudah menunjukkan tanda-tanda batas kemampuannya maka ambil perhatian dan hentikan apapun yang kamu kerjakan.

Sinus
Permasalahan Sinus juga dapat menyebabkan sakit kepala. Sinus merupakan lubang yang menghubungkan rongga hidung dengan batok kepala. Bagian ini merupakan bagian yang apabila terjadi infeksi akan meradang dengan ingus.

Sinus yang menyebabkan sakit kepala dikenal dengan sinusitis. Ada banyak penyebab sinusitis seperti alergi, kedininginan yang parah,menyimpangnya sekat rongga hidung, membesarnya bagian di dalam hidung,dan infeksi akut yang berkepanjagan.

Tensi
Sakit kepala karena tensi atau tekanan darah juga terjadi pada kebanyakan orang. Stres, kegelisahan merupakan penyebab sakit kepala tensi. Ketika seseorang terkena tekanan tentang sesuatu hal, orang tersebut mengembangkan sakit kepala tensi. Tidur yang kurang, gelisah, banyanya masalah, dan kekhawatiiran akan meningkatkan sakit kepala tensi ini.

101 Tips
Sekarang apapun sebab sakit kepala tersebut, kebanyakan sakit kepala dapat dicegah sehingga kita tidak perlu menahan sakit ketika kita memiliki pilihan lain.

1.
Jangan membiasakan membaca ketika sedang berbaring. Posisi berbaring jelas bukan merupakan posisi terbaik untuk membaca. Sering dijumpai seseorang itu membuka buku di atas ranjang dan membacanya sambil berbaring. Kenyataanya banyak orang yang menjadikannya kebiasaan sebelum tidur. Sekali lagi kita katakan bahwa tidak baik membaca sambil berbaring.

2.
Kalapupun jika kamu harus membaca, sangga kepalamu dengan sekurang-kurangnya 2 buah bantal. Bantal akan menunjang kepala dan leher sehingga kepala secara parsial pada posisi naik. Ini akan mengurangi gangguan pada mata dan kepalamu secara umum

3.
Gunakan pencahayaan yang baik pada ruangan tempat membaca. Pencahayaan ruangan sangatlah penting. Pencahayaan yang tepat pada ruangan yaitu apa yang dibutuhkan untuk membaca, aktifitas menjait atau yang semacamnya. Sekali lagi bahwa pencahayaan yang berlebihan juga tidak baik sebagaimana halnya jika terlalu redup.

4.
Sumber cahaya sebisa mungkin terletak di belakang kepala. Sumber cahaya tidak seharusnya datang di depan mata melainkan dari belakang. Ini juga berlaku ketika di depan komputer. Sumber cahaya harus dari arah belakang.

5.
Jangan memegang buku terlalu dekat dengan mata. Hal ini mungkin terjadi ketika membaca sambil berbaring. Buku bergerak mendekati mata lebih daripada yang diinginkan. Hal ini buruk bagi mata. Otot mata harus berkontraksi lebih untuk fokus pada objek yang lebih dekat. Buku ideallnya berada selevel dengan dada.

0 comments: